KadinJumat, 02 April 2021

Kadin: China Miliki Peran Penting Dalam Perekonomian Indonesia


Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani. Dok. Kadin Indonesia.


JAKARTA – Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan China memiliki hubungan ekonomi kuat dengan ASEAN. China pun memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Hal ini disampaikan Rosan dalam webinar bertajuk ‘Finding Business Partners and Seizing Opportunities in China during Covid-19 Time and Beyond’ yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (EPCI) pada Rabu (31/3/2021).


“Sebenarnya kemitraan impor ASEAN terhitung di atas 12% dan juga mitra ekspor China ASEAN ada di nomor dua. China memainkan peran yang sangat penting di Indonesia karena China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia yang berjumlah sekitar 78 hingga 79 miliar dolar AS. Dan, investor nomor dua terbesar di Indonesia terhitung untuk tahun 2020 sekitar 4,8 juta dolar AS,” katanya seperti dilansir oleh liputan6.com.


Baca juga: Kadin-KPK Berkolaborasi Bangun Whistleblowing System


Berdasarkan data Statistik, lanjut Rosan, industri yang memiliki prospek bagus pasca pandemi adalah pendidikan medis atau kedokteran dengan angka 38%. Disusul AI dengan peluang 36%, internet 32%, platform e-commerce 31%. 


Dari data tersebut, menurut Rosan, pendapatan e-commerce diharapkan tumbuh 11,3%. Dengan dua produk unggulannya adalah pakaian dan sepatu. “Dibandingkan tahun 2019 dan 2014 diperkirakan akan meningkat 11,3% dan produk yang paling banyak dibeli secara online ternyata oleh pria atau wanita junlah pakaiannya sangat tinggi.”


Menurut Rosan, ”57% oleh wanita dan 47% oleh pria untuk pakaian. Dan untuk sepatu wanita 53% dan pria 49% diikuti oleh produk konsumen tas dan aksesoris serta peralatan rumah tangga.”

Berita Terbaru
Kadin Resmikan Desa Tangguh Wisata Tasola Lombok
Peresmian Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia. Dok. Kadin Indonesia.
SelengkapnyaKadin