KadinJumat, 27 November 2020


Begini Pesan Ketum Kadin Indonesia untuk Industri Konstruksi


JAKARTA – Teknologi digital merupakan instrumen kunci untuk kemajuan seluruh sektor industri di Indonesia saat ini. Proses kerja menjadi lebih efisien, cepat, dan tetap terarah.


Atas dasar itulah, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mendorong industri konstruksi meningkatkan kualitas dengan menciptakan inovasi-inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi digital. Tujuannya, memperkuat dan meningkatkan pengembangan industri konstruksi yang berkelanjutan di Indonesia. “Saat ini, peran industri konstruksi sangat vital untuk pemulihan ekonomi nasional. Perlu ada terobosan baru ke arah digital,” tuturnya saat pembukaan Pameran Konstruksi Indonesia 2020 di Jakarta, Selasa (24/11).


Contoh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah meluncurkan pengembangan pengalaman penyedia jasa konstruksi atau aplikasi SIMPAN.


Aplikasi bisa menjadi sumber data pengadaan barang dan jasa, menjamin transparansi informasi, serta akuntabilitas data pengalaman penyedia jasa. Ini yang dapat meningkatkan kredibilitas Kementerian PUPR dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur di Indonesia.


Momen sebelumnya, terkait dengan pembangunan ekonomi, Rosan juga sempat menyebut dua kunci pemulihan dunia usaha di Indonesia: Vaksinasi dan Undang-Undang Cipta Kerja.


Dilansir dari merdeka.com, Vaksinasi akan menekan ketidakpastian dan memunculkan optimisme dunia usaha sekaligus menggugah kepercayaan masyarakat untuk spending. Sehingga, roda perekonomian dapat berputar dan perlahan pulih.


Adapun UU Cipta Kerja, Rosan mengaitkannya dengan investasi. Dalam catatannya, kontribusi investasi pada perekonomian Indonesia adalah sebesar 30-31 persen. Sehingga melalui UU ini diharapkan dapat meraup investasi untuk pemulihan ekonomi nasional.


“Dengan itu, harapannya kepercayaan ada, beban usaha berkurang, iklim investasi meningkat, produktivitas meningkat dan ujungnya lapangan kerja tercipta lebih baik. Oleh karena itu harapannya ini akan lebih memberikan kepastian di dalam negeri. Insyaallah dengan UU cipta kerja ini bisa jadi game changer kedua melalui investasi,” kata dia.

Berita Terbaru
Update Corona: Per 26 Januari, Kasus Corona di Indonesia Tembus 1 Juta
Ilustrasi - Covid-19. Shutterstock.
SelengkapnyaKadin