KadinSelasa, 17 November 2020


Bangun UMKM, Kadin DIY Kolaborasi dengan

Kadin Jerman dan Disnakertrans DIY


DIY – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Koperasi dan UKM DIY terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertransformasi dalam peningkatan kapasitas. Sehingga nantinya, para pelaku UMKM di Yogyakarta bisa naik kelas dan lebih sejahtera.


Ketua Umum Kadin DIY GKR Mangkubumi mengatakan, kerja sama bertujuan melakukan pendataan secara sentral seluruh koperasi dan UMKM yang ada termasuk memberikan pelatihan bagi UMKM baik dalam hal pemanfaatan teknologi digital, pengemasan, dan lain sebagainya.


Tak hanya itu, Kadin juga fokus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Yogyakarta berkolaborasi dengan Deutscher Industrie-und Handelskammertag (DIHK) atau Kadin Jerman dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY untuk program magang baik di perusahaan lokal maupun luar.


“Segera manfaatkan aplikasi Pembinaan Koperasi dan UKM Berdaya Saing dan Khas Orang Jogja atau Si Bakul Jogja agar mendapatkan fasilitas pelatihan dan terdata Dinas KUKM DIY,” tuturnya dikutip dari TribunJogja.com.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) DIY Srie Nurkyatsiwi menyambut baik sinergitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan dunia usaha dan industri yang diwadahi Kadin DIY. Ini penting guna meningkatkan kapasitas baik dari sisi SDM, pembiayaan, produksi, pemasaran, dan sebagainya.


UMKM di DIY harus bisa bertransformasi dalam segala hal, termasuk dalam memanfaatkan teknologi digital. “Kami berharap Kadin DIY bisa menjadi agregator bagi pelaku UMKM khususnya ultra mikro agar usahanya meningkat atau naik kelas,” ucapnya.

Berita Terbaru
UPDATE Corona: Per 29 November, Kasus Harian Corona Pecah Rekor
Ilustrasi - Update corona. Shutterstock.
SelengkapnyaKadin